0

Hindari 4 Pemicu Stres Berikut Ini!

Inspirasi, Tips Keren

Rasa stres tidak hanya datang dari banyaknya pikiran atau karena terlalu banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Stres sendiri sebenarnya punya banyak alasan untuk muncul. Nah, di artikel kali ini, Mangge akan membahas soal stres yang muncul dari diri sendiri.

Supaya tidak penasaran, langsung baca yuk!

1. Terlalu Khawatir
Khawatir yang berlebihan sangat tidak baik karena hal ini dapat memicu stres datang tiba-tiba. Khawatir disini bisa jadi banyak hal misal terlalu khawatir kalau melihat menu di rumah makan, khawatir karena baju yang dibeli ternyata tidak sesuai atau khawatir karena SMS tidak dibalas. Hal-hal sepele ini jika dikhawatirkan terlalu berlebihan akan menimbulkan stres, lho. Makanya, khawatirkan apapun secukupnya dan jangan terlalu dibawa stres ya.

2. Mengeluh
Saat kita mulai mengeluh akan sesuatu biasanya berujung dengan mengeluhkan hal-hal lain yang ada di kepala kita, apapun itu. Misalnya mengeluhkan pekerjaan atau tugas yang tidak kunjung habis, karena terlalu sering mengeluh, kita akan merasakan stres tiba-tiba karena merasa tidak mampu menopangnya sendiri. Sebaiknya, jangan suka mengeluh akan sesuatu dan kerjakan secara perlahan namun pasti. Kebanyakan mengeluh yang berujung stres sangat tidak baik untuk kesehatan lho.

3. Perfeksionis
Perfeksionis adalah sebutan bagi orang-orang yang ingin segala sesuatu terkesan sempurna, baik itu pekerjaannya, pekerjaan orang lain, lingkungan, pokoknya apa saja yang dimatanya harus sempurna. Saking ingin sempurna dan tidak ada kesalahan sedikitpun, tidak jarang orang-orang yang memiliki sifat ini dilanda kestresan yang luar biasa. Mau tidak mau ia harus berpikir keras untuk mengubah suatu hal menjadi sempurna. Memperbaiki sesuatu agar terlihat sempurna memang bagus, tapi usahakan lakukan secukupnya dan jangan memforsir otak untuk berpikir. Dengan begitu, rasa stres tidak akan melandamu.

4. Baper
Baper alias bawa perasaan adalah istilah kekinian yang lazim digunakan anak muda sekarang. Sayangnya, baper yang berlebihan bisa berujung stres luar biasa lho. Terlalu banyak mengekspetasikan sesuatu dalam hal ini adalah sesuatu yang baper memang indah. Namun, ketika realitanya berbeda dengan apa yang diharapkan, disitulah stres tiba-tiba datang menerpa. Selain kecewa karena mendapatkan yang tidak diinginkan, rasa stres serta emosi pasti turut hadir. Akibatnya, otak tidak bisa mencerna apapun dengan baik.

Karena keempat hal ini datang dari diri sendiri, usahakan untuk menghindari atau setidaknya meminimalisirnya ya. Ingat, sesuatu yang berlebihan sangat tidak baik bagi diri sendiri karena percayalah, saat sesuatu itu berubah menjadi seperti yang tidak kita harapkan, rasa stres bisa datang dari mana saja.

About author / manggeku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *