0

Dilema Mahasiswa Kere!

Mahasiswa

Sejatinya, Mahasiswa adalah mereka yang menuntut ilmu di sebuah Universitas. Berbekal harapan dan cita untuk menggapai gelar Sarjana. Ada beberapa komponen pendukung penting untuk mencapai tujuan itu, selain belajar, uang saku tentunya juga berperan penting.

Lho, kok tiba-tiba bicara soal uang saku? Ya, benar! Tidak sedikit Mahasiswa sekarang yang terlilit soal masalah uang saku. Baik uang saku dari orang tua atau mereka yang sudah bisa mendapatkan uang sendiri. Ada kalanya uang saku lagi tipis-tipisnya, alhasil beberapa hal harus dipress. Kira-kira apa saja sih?

1. Makan
Makan adalah kebutuhan bagi setiap makhluk hidup. Begitupun dengan Mahasiswa yang dompetnya sedang tipis pakai sekali. Ada rasa galau yang luar biasa saat ingin makan di kampus namun uang sudah tidak mencukupi. Mau pinjam ke teman, tapi ragu kalau sanggup mengganti dalam waktu dekat. Tidak mau pinjam, masa iya harus menahan lapar sampai mata kuliah terakhir? Ah, rasanya lapar dan galau sudah berkontribusi didalam tubuh saking bingungnya.

2. Beli Ini Beli Itu
Bukan Mahasiswa kalau tidak punya kebutuhan tambahan. Sebut saja biaya foto copy, jilid laporan atau makalah, print tugas, beli kertas dan lain-lain. Memang sih tidak mahal-mahal amat, tapi sedikit demi sedikit kan uang saku terkuras juga. Parahnya, kalau hampir semua mata kuliah punya laporan yang harus dikerjakan! Kendati tahan makan asal tugas selesai kalau begini.

3. Nongki
Meskipun terlilit oleh tugas, Mahasiswa juga butuh nongkrong bareng teman. Nah, disaat seperti ini biasanya dompet malah tidak bersahabat. Apalagi kalau sudah tanggal tua dan teman mulai mengajak untuk keluar bersama. Rasa rindu memang besar, tapi mau diapa jika uang saku berkata lain? Jika tidak pergi, ada rasa sungkan yang terselip dihati. Alhasil, pergi dengan mempress uang untuk tidak dihambur-hamburkan secara sembarang.

4. Baju Baru
Terlepas dari aturan seragam di Universitas menuntut kita untuk memiliki koleksi baju yang tidak itu-itu saja. Terlebih lagi untuk Mahasiswi, urusan baju nampaknya harus diperhatikan. Ketika ada keinginan untuk membeli baju baru, uang saku sudah mulai menipis. Untuk makan saja mungkin sudah tidak cukup. Duh, disinilah hati harus menahan keinginan satu kali lagi. Bagi Mahasiswa, makan itu prioritas utama supaya bisa semangat dalam membuat tugas. Hiks.

Dari ke-empat hal diatas, sudah pernakah Sabahat mengalami salah satu diantaranya?

About author / manggeku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *