Manggeku
0

4 Cara Atasi Kesulitan Berbicara Didepan Umum!

Inspirasi, Tips Keren

Kamu sulit atau takut berbicara didepan umum? Mungkin saja kamu mengalami speechophobia. Speechophobia adalah kecemasan untuk berbicara didepan umum. Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa hal, diantaranya karena kamu tidak pernah berani untuk tampil, atau takut melakukan kesalahan. Namun, ada baiknya kamu segera mengatasinya, sebab hal tersebut cukup mempengaruhi perkembangan karir dan juga kinerja akademik.

1. Jangan Menghindari Pengalaman Presentasi
Entah itu dikantor, sekolah, ataupun perkuliahan. Jangan sekali-kali menghindari untuk melakukan presentasi. Mungkin kamu sedang ditunjuk oleh atasan atau pengajar, ataupun permintaan dari teman-temanmu. Berusahalah untuk mencoba. Karena jika kamu selalu mengindarinya, kamu akan selamanya berada dalam zona ketakutanmu itu.

2. Jangan Gagal Melakukan Persiapan
Ketika diperintah untuk tampil, segeralah menyiapkan berbagai konsep. Buat perencanaan serta persiapan sebaik mungkin. Hal ini dapat membantumu pada saat tampil presentasi.

3. Biarkan Perasaan Tersebut Bekerja Dalam Diri
Ketika kamu diperintah atau hendak berbicara didepan umum, maka kamu tidak perlu cemas apalagi takut untuk melakukan kesalahan. Itulah pentingnya persiapan yang matang. Kalaupun perasaan cemas itu muncul hingga membuatmu berkeringat dan gemetar, maka biarkanlah perasaan tersebut bekerja dalam dirimu. Bila hal tersebut terus kamu lakukan, kelak kamu akan terbiasa, dan kecemasan itu pun berganti dengan keberanian.

4. Biarkan Audiens Merasakan Pengalaman-Pengalamanmu.
“Anda orang kaku”, dan “Anda orang yang grogi saat berbicara didepan umum”. Biarkanlah pendapat itu keluar dari audiensmu. Tapi kamu harus tetap mencoba. Cobalah tanamkan dalam pikiran bahwa Hal tersebut merupakan semangat untukmu, agar bisa membuktikan bahwa kamu bisa menjadi yang terbaik nantinya.

Ingatlah, bahwa pembicara yang hebat pun, tidak langsung jadi saat lahir kedunia. Pada awalnya mereka pun pasti membuat kesalahan saat berbicara didepan public. Jangan takut! Dengan pengalaman yang kamu dapatkan, lakukanlah perbaikan. Dan dengan proses belajar secara terus menerus, sedikit demi sedikit kesalahan itu bisa kamu perbaiki.

About author / manggeku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *